12 Agustus 2009

Pulau Pribadi Rp 1,7 T

Athina Onassis Jual Pulau Pribadi Rp 1,7 T

Sumber: Jawapos, Rabu 12 Agustus 2009

ATHENA - Anda tertarik memiliki pulau untuk kepentingan pribadi? Cucu miliarder dan mantan raja kapal mendiang Aristotle Onassis, Athina Onassis Roussel, menjual sebuah pulau milik keluarganya di Kepulauan Ionian, Yunani. Pulau Skorpios tersebut ditawarkan EUR 120 juta (sekitar Rp 1,709 triliun).

Kabar penjualan pulau itu menjadi pemberitaan media massa di Yunani Senin lalu (10/8) dan dikutip sejumlah kantor berita asing kemarin (11/8).

Pulau tersebut digunakan Onassis sebagai tempat pernikahan dengan janda mendiang Presiden AS John F. Kennedy, Jacqueline (Jacky) Kennedy, pada 1968. Setelah Onassis meninggal pada 1975, pulau itu diwariskan kepada putrinya dan anak keduanya, Christina. Selanjutnya, ketika meninggal pada 1988, Christina mewariskan pulau tersebut kepada putri tunggalnya, Athina.

Jenazah Onassis, anak pertamanya (Alexander), dan Christina dimakamkan di pulau itu. Sebagai penghormatan, patung Onassis dibangun di Pulau Lefkada, pulau terbesar di Kepulauan Ionian, di dekat Pulau Skorpios.

Saat ini Athina merupakan satu-satunya keturunan Onassis yang masih hidup. Perempuan kelahiran 29 Januari 1985 itu mewarisi kekayaan tak kurang EUR 2,5 miliar (sekitar Rp 35,6 triliun) berupa properti, saham, perusahaan, karya seni, dan jet pribadi.

Namun, ahli waris kerajaan Onassis tersebut jarang menghabiskan waktu di Pulau Skorpios. Meskipun keturunan Yunani, pada 1999 dia menulis dokumen bahwa dirinya ''membenci semua hal yang berbau Yunani''.

Lahir dengan nama Athina Roussel, dia lebih suka menggunakan nama Athina Onassis de Miranda atau Athina Miranda Onassis dalam kompetisi berkuda. Apalagi, sejak dia menikah dengan atlet berkuda Álvaro Affonso de Miranda Neto pada Desember 2005.

Belakangan, muncul laporan bahwa Athina ingin menjual pulau itu setelah berselisih dengan pemerintah Yunani. Ini menyusul penolakan Yunani untuk memberikan status warga negara bagi suami Athina agar bisa mengikuti kompetisi berkuda dalam Olimpiade Athena pada 2004.

Negosiasi penjualan pulau masih berlangsung. Orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, Bill Gates, menjadi salah satu tokoh yang berminat membeli. Diva musik pop Madonna juga tertarik.

Pulau Skorpios merupakan salah satu di antara gugusan pulau di Kepulauan Ionian. Saat ini pulau kecil itu dijaga ketat alias tertutup bagi orang luar. Sebagai pulau pribadi, Skorpios mulai dibangun pada 1960-an. Sekitar 500 pekerja membangun kediaman keluarga Onassis. Rumah tersebut dilengkapi fasilitas listrik dan jaringan air minum. Saat ini sekitar 30 orang dipekerjakan di sana sebagai penjaga keamanan.

Di pulau tersebut juga terdapat Pink House (vila yang ditinggali Jacky Kennedy), lapangan tenis, dan taman yang luas dan mewah. Ada dua pantai di pulau tersebut tempat kapal-kapal bisa bersandar.

Di atas salah satu pantai, terdapat kapel (gereja kecil). Di sanalah Onassis menikahi Jacky Kennedy dan anggota keluarganya dimakamkan. (DPA/dwi)

Tidak ada komentar: